• Gotfredsen Funch posted an update 3 years, 9 months ago

    Sejarah adalah ibu dari ilmu pengetahuan. Darinya seseorang dapat menerima pengertian yang lebih dalam mengenai suatu hal. Dikala ini, mencari isu perihal apa pun telah cukup mudah seperti umpamanya apabila Anda mencari kabar mengenai sejarah Islam Anda bisa mencarinya di beberapa blog Islami yang beredar di dunia online. Keterbatasan akses terhadap informasi sekarang telah semakin berkurang. Kembali pada pembahasan mengenai memahami Islam via sejarahnya. Islam sebagai sebuah agama yang telah lahir semenjak abad keenam masehi tentu telah lewat berbagai dinamika sejarah yang panjang. Darinya banyak hal yang dapat seorang muslim ambil hikmahnya.

    Sejarah adalah sebuah kisah kehidupan yang diceritakan kembali. Itu pula dengan sejarah Islam. Kisah-kisah Islami yang telah diceritakan secara turun temurun yakni salah satu pelajaran yang berharga dalam memahami Islam lebih dalam. Kisah dalam sejarah Islam dapat dibagi dalam beberapa jangka waktu adalah jangka waktu kenabian, teman, tabiin, tabiu tabiin, dan seterusnya. Dalam tiap-tiap periode terdapat dinamika kehidupan beragama yang berbeda beda yang mana dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh mengenai Islam sampai dikala ini.

    Pada periode kenabian, jangka waktu ini merupakan periode permulaan bagi kemunculan Islam. Tentu saja keberadaan nabi
    penaungu.com di tengah masyarakat muslim dikala itu menjadi pusat pemahaman perihal Islam. Kisah-kisah mengenai kemuliaan dan keelokan adab Rasulullah dalam bermacam-macam hal bisa menjadi cermin agama Islam yang hakekatnya. Oleh karena itu sejarah Islam pada periode ini tergolong sejarah mesti diketahui oleh seluruh umat Islam supaya benar-benar dapat memahami alangkah menawannya ajaran yang diwariskan oleh Allah melalui nabi-Nya yang mulia, Muhammad shalallahu alaihi wassalam.

    Berikutnya masa teman, pada masa teman ini merupakan masa dimana nasehat dan junjungan besar umat Islam nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam telah wafat. Kemudian Beliau digantikan oleh teman-sahabat terbaiknya. Pada jangka waktu ini banyak kisah-kisah sahabat yang bisa diteladani oleh segala umat. Kisah mengenai pemimpin yang adil, panglima yang pemberani, hartawan yang dermawan menghiasi jangka waktu ini. Banyak blog Islami yang memuat kisah-kisah hal yang demikian agar bisa menjadi teladan bagi semua. Generasi terbaik dari junjungan yang terbaik ialah figur yang ideal untuk memahami Islam lebih dalam.

    Jangka selanjutnya ialah periode tabiin dan tabiu tabiin. Jangka ini menjadi jangka waktu perkembangan yang menjadi kelanjutan dari penyebaran Islam yang telah dijalankan oleh para teman sebelumnya. Pada jangka waktu ini umat Islam bisa melihat tokoh-tokoh bersahaja, tangguh, berani, adil, cerdas, dan sekaligus beriman meski mereka tak pernah sekalipun bersua dengan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. Dari tokoh-tokoh hal yang demikian umat Islam saat ini bisa mengetahui, mempelajari, dan memahami pelbagai ilmu pengetahuan mengenai Islam. Kitab-kitab yang ditulis pada masa ini menjadi acuan banyak ulama kontemporer. Oleh sebab itu kisah-kisah mengenai tokoh-tokoh tersebut menjadi benar-benar ideal untuk dibaca dan ditiru. Ketika ini sudah banyak blog Islami yang menyediakan kisah sejarah Islam tersebut. Ayo pahami Islam lebih dalam lewat sejarahnya!