• Bjerring Stern posted an update 3 years, 7 months ago

    Membicarakan topik-topik yang berhubungan dengan seks masih diukur tabu di Indonesia. Hal hal yang demikian membuat banyak pemikiran pula yang mengiringi pentingnya sex education semenjak dini. Faktanya, kasus kekerasan dan pelecehan seksual masih sering terjadi di sekeliling kita. Kekhawatiran yang memuncak menunjang adanya keinginan untuk mencari tahu lebih dalam apakah pendidikan seks pada si kecil akan membawa perubahan ke arah yang lebih positif.

    Kita dapat mulai merancang seperti apa kiranya konsep pembelajaran mengenai seks sejak umur dini, mulai dari pembelajaran mandiri di rumah hingga pengusulan hal ini ke jenjang yang lebih profesional. Satu dan lain hal, kita tak dapat menyalahkan masyarakat luas karena masih menganut kultur ketimuran yang sungguh-sungguh sensitif untuk mendiskusikan topik hal yang demikian. Sebagai rujukan awal, berikut yaitu 4 alasan pentingnya memberikan pengajaran seks pada buah hati-buah hati semenjak dini.

    Pentingnya memberikan sex education semenjak dini adalah sebab kita dapat lebih awal membantu si kecil-buah hati untuk memiliki pemikiran yang lebih terbuka, terlebih untuk topik yang terkait dengan urusan seks.
    Erudisi dot kom , kita akan membantu mereka mempersiapkan diri untuk tidak malu dalam mendiskusikan hal-hal seksual. Semisal, dalam lingkungan keluarga, progres komunikasi yang terbuka nan mengajar bisa menjadi wadah yang pas tumbuh kembang anak dengan pengetahuan seks yang mumpuni.

    Berikutnya, pengajaran seks semenjak dini bersifat penting karena memberikan pandangan yang lebih luas akan seks (jenis kelamin) dan gender (peran sosial masing-masing seks) pada si kecil. Menanamkan pendidikan seks yang pas bagi si kecil berarti membantu mereka memahami adanya perbedaan di lingkungan sosial, serta adanya beraneka peran yang dapat dia lakukan. Lebih lanjut, hal ini harapannya dapat sekaligus menghapus rasa penasaran yang tak sehat berkat batasan yang dikasih sejak awal.

    Pengajaran seks yang dikasih sejak dini pada anak diukur penting juga karena sanggup meningkatkan kesadaran pada mereka akan banyak hal, mulai dari fungsi organ seksnya sendiri hingga adanya masalah yang dapat timbul dampak penyalahgunaan topik seksual di lingkungannya. Hati akan menjadi lebih percaya diri, serta menyimpan perhatian lebih, secara khusus ketika terjadi perubahan pada beberapa bagian tubuh ketika mereka menginjak umur remaja. Lalu, koridor yang ditentukan pada pemberian pendidikan seks akan memberi arahan mereka untuk menjaga diri mereka sendiri, sampai menghindarkan berbagai dilema yang bisa terjadi akibat kenakalan seksual orang lain.

    Pada hasilnya, pemberian sex education sejak dini pada buah hati harapannya akan menyokong tumbuh kembang mereka menjadi sosok yang arif akan banyaknya fenomena yang ada tentang dunia seks, seperti seksualitas, kemampuan reproduksi seseorang, serta perlunya kesepahaman dalam menjalankan kekerabatan seksual. Telah tahu pentingnya pengajaran seks pada si kecil, yuk coba berikan sedikit demi sedikit!