• Batchelor Richter posted an update 1 year, 11 months ago

    Kecuali untuk mempersiapkan peserta didik sebagai pribadi, wagar negara dan umat manusia, pendidikan dasar juga mempersiapkan mereka untuk meningkatkan kecerdasannya pada tingkat pendidikan menengah. Pengalaman bisa menjadi guru dan bisa juga berlalu begitu saja tanpa makna. Dalam dunia pendidikan, prinsip efisiensi ini perlu diperhatikan juga baik efisiensi waktu, tenaga dan peralatan untuk proses pengajaran. Prinsip-prinsip dasar yang harus diperhatikan adalah prinsip relevansi, prinsip efektifitas, dan prinsip efisiensi. Untuk berupaya menjadikan setiap anggota masyarakat merasakan bahwa memperoleh pendidikan dasar sembilan tahun adalah kebutuhannya. Lebih lanjut Harkristuti berpendapat terhadap mereka yang tidak mengikuti program wajib belajar sembilan tahun sebaiknya dilakukan pendekatan sosialisasi terlebih dahulu sebelum penerapan sanksi diterapkan. Pertanyaan lebih mendetail tentang penuntasan Wajib Belajar Sembilan Tahun dapat ditujukan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penuntasan waib belajar sembilan tahun seperti pernyataan di atas. Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya. Menyadari keadaan pendidikan pada masa penjajahan yang sangat merendahkan martabat bangsa sendiri, maka muncul tokoh-tokoh masyarakat yang berkeinginan untuk mendirikan lembaga pendidikan formal (sekolah). Moh. Syafei di Sumatera Barat mendirikan Perguruan Ruang Pendidik INS Kayutanam, ia menantang pendidikan kolonial yang verbalistik-intelektualistik. Di suatu tempat seperti di Sumatera Barat tidak ada pemisahan antara langgar dan pesantren, di sini sekolah agama Islam disebut “surau”.

    2. Bahan pelajaran yang sudah diajarkan pada tingkat sekolah yang lebih rendah perlu dipertimbangkan lagi apakah perlu diajarkan lagi pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi atau tidak. Terlepas dari msalah yuridis, terdapat dua pola pemikiran atau asumsi yang mendiminasi kontroversi ini. Terdapat kaitan yang erat antara pendidikan dan filsafat karena filsafat mencoba merumuskan citra tentang manusia dan masyarakat, sedangakan pendidikan berusaha mewujudkan citra itu. Apalagi dari orang tua yang kurang memperhatikan karena bekerja sampai larut, dituntut kebutuhan yang semakin meningkat, serta ketidaktahuan orang tua dalam materi pembelajaran yang selalu berganti. Karena itu, hampir semua bangsa menempatkan pembangunan pendidikan sebagai prioritas utama dalam program pembangunan nasional. Kurikulum berdasarkan kurikulum nasional yang berlaku. 10. Keterlaksanaan proses pembelajaran berdasarkan pendekatan cara belajar siswa aktif. Sekolah ddasar merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang memiliki tugas untuk memberikan dasar-dasar yang kuat bagi pembentukan kepribadian, pengembangan fisik, moral, sikap dan nilai serta pengembangan potensi, kemampuan-kemampuan dasar bagi pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan pribadi siswa. Menurut Semiawan (1993) dalam kehidupan masyarakat, penyelenggaraan sekolah dasar tidak semata-mata ditujukan untuk memberikan kemampuan siswa membaca (melek huruf) saja atau memberikan sekumpulan pengetahuan-pengetahuan sesaat yang biasanya kurang memiliki arti dalam menanamkan kemandirian siswa.

    Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Tenaga kependidikan terdiri atas sekurang-kurangnya seorang guru untuk setiap kelas bagi sekolah dasar. Bagi guru ketika mengajar di kelas, guru diberi kebebasan penuh untuk berpikir kritis dalam mencari referensi, literatur, dan sumber-sumber belajar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkannya sekaligus mengembangkan media pembelajaran sebaik-baiknya. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit. Adapun nilai-nilai karakter dalam instrumen tersebut adalah jujur, hormat, tanggung jawab, adil, peduli, kewarganegaraan. Valid berarti instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur. Relevan artinya sesuai. Secara umum istilah relevansi pendidikan dapat diartikan sebagai kesesuaian atau keselarasan pendidikan dengan tuntutan masyarakat dalam kehidupan. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang ter-organisir, seperti rumah atau sekolah, sehingga dapat mencapai perkembangan diri dan kecakapan sosial. Pendidikan pada masa penjajahan kurang dapat dirasakan oleh para penduduk pribumi (bumi petera). Untuk sekolah-sekolah yang ada di pedesaan misalnya, kurang tepat disediakan bahan-bahan bacaan yang banyak melukiskan kehidupan di kota besar seperti kemacetan lalu lintas dsb.

    Dalam kehidupan agama Hindu di India terkenal ada 4 kasta, yaitu; 1) kasta Brahmana, 2) kasta Ksatria, 3) kasta Waisya, 4) kasta Sudra (Syudra). 2. Pendidikan diselenggarakan oleh kasta Brahmana. 2. Pendidikan diselenggarakan oleh keluarga dan negara. Inti pelajaran adalah mempersiapkan warga negara menjadi tentara.Penyelenggara pendidikan adalah di rumah-rumah keluarga bangsawan. Indonesia yang berlandaskan Pancasila menjadi salah satu Negara yang tetap hidup rukun dan damai diantara perbedaan suku, agama, dan ras. Tentu saja guru tetap melakukan ulangan sekali2 untuk mengecek daya tangkap siswa. Pendidikan karakter bukanlah satu bidang studi atau materi ajar yang harus dikuasai siswa. Hal-hal yang harus dilakukan dalam menggunakan portofolio sebagai berikut: (1) masing-masing peserta didik memiliki portofolio sendiri yang di dalamnya memuat hasil belajar siswa setiap muatan pelajaran atau setiap kompetensi, (2) menentukan hasil kerja apa yang perlu dikumpulan/disimpan. Cina memiliki keunikan dalam hal kebudayaan dan pendidikan. Pendidikan adalah bagian dari kebudayaan yang tidak dapat dipisahkan.