• Finn Norman posted an update 3 years, 11 months ago

    berita islam ialah salah satu bulan Hijriyah yang sangat dimuliakan dan ditunggu-tunggu oleh seluruh ummat muslim di dunia. Saat bulan Ramadhan datang, karenanya tiap-tiap orang akan mempersiapkannya dengan bagus, apalagi ada banyak sekali keutamaan yang terdapat di dalamnya. Oleh maka, portal Islam kali ini akan membahas hal-hal berkaitan keutamaan dari bulan Ramadhon. Dikala Ramadhan tiba, tiap-tiap ummat muslim akan berusaha meningkatkan kekhusyu’an beribadah, dan terus mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa. Berikut ini merupakan sebagian keutamaan bulan Ramadhon.

    Bulan Ramadhon disebut dengan bulan yang penuh dengan keberkahan di mana tiap ummat muslim diharuskan untuk berpuasa. Barang siapa yang mengerjakan kebaikan atau ibadah di bulan suci ini, karenanya Allah akan melipatgandakan pahalanya. Kecuali itu, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan, ditinjau dari bermacam-macam aspek, seperti halnya aspek ekonomi. Ketika bulan Ramadhon tiba, karenanya para pedagang akan menerima keberkahan yang melimpah. Seperti pula bagi fakir miskin, Ramadhan akan membawa keberkahan tersendiri. Ummat muslim disunahkan untuk berinfaq dan bersedekah kepada yang membutuhkan.

    Kecuali itu, bulan Ramadhan yakni bulan yang penuh dengan ampunan. Allah SWT akan membuka pintu ampunan dan menghapus dosa-dosa ummat muslim yang memohon ampunan dan bertaubat. Oleh karenanya, Ramadhan merupakan waktu yang sungguh-sungguh ideal untuk bertaubat, sehingga saat Ramadhan ini usai, karenanya ummat Islam akan kembali terlahir suci, sebab Allah telah mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dalam portal Islam ini juga menjelaskan bahwa lewat berpuasa di bulan Ramadhon, Allah akan memberi ampunan dengan amat lapang.

    Keutamaan lainnya dari datangnya bulan Ramadhan yaitu dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Itulah mengapa Allah memerintahkan terhadap kita segala untuk terus beribadah kepada Allah di bulan suci. Saat Ramadhan, setan-setan akan diikat, sehingga yang hanya perlu dikerjakan merupakan menahan hawa nafsu. Ini adalah peluang yang betul-betul bagus untuk selalu menghambakan diri kepada Sang Pencipta. Tetapi, di bulan lain selain bulan Ramadhon juga sepatutnya tetap mempertahankan keistiqomahan dalam beribadah.

    Dalam bulan Ramadhon, terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari pada seribu bulan, adalah malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar ini jatuh pada sepuluh hari terakhir dan ganjil di bulan Ramadhon. Meski tidak ada seorang malah yang mengenal kapan lailatul qadar itu datang, namun barang siapa yang menghidupkan malam lailatul qadar, karenanya dia akan mendapatkan kemuliaan yang lebih baik dari pada seribu bulan.

    Ketika berdoa di bulan Ramadhon, Allah akan lebih mudah untuk mengabulkannya. Sebab bulan Ramadhan ialah salah satu moment mustajabnya doa yang dilangitkan. Selain itu, ketika bulan Ramadhon tiba, karenanya hal hal yang demikian menjadi saat yang tepat untuk beribadah bersama keluarga tercinta. Itulah keutamaan bulan Ramadhon dari Portal Islam yang perlu diketahui.