• Rindom Bruus posted an update 3 years, 9 months ago

    pelajarindo.com

    Pastinya dikala kita sekolah dulu, kita menerima banyak pelajaran, salah satunya yakni bahasa Inggris. Ya, bahasa Inggris memang sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang penting untuk siswa, pun sampai dijadikan ujian nasional serta banyak bimbel yang mengajari khusus soal bahasa Inggris. Hal ini jelas dianggap wajar sekarang, mengingat kita telah hidup di era globalisasi di mama batas antara negara semakin melarikan diri sehingga kita perlu mengerjakan berjenis-jenis hal agar dapat bertahan di dunia internasional. Tentu salah satu caranya adalah dengan mempelajari bahasa Inggris dengan bagus. Ada sebagian materi bahasa Inggris yang mungkin perlu Anda pelajari, salah satunya yaitu suggestion. Di artikel kali ini akan kita bahas sedikit materi suggestion dan sebagian teladan dialog suggestion.

    Sebelum masuk ke materi suggestion, tahukah Anda apa itu suggestion? Suggestion sendiri yaitu saran, tanda, maupun usul. Dalam berkomunikasi dengan seseorang, tidak jarang kita menemui situasi di mana kita harus minta maupun memberikan rekomendasi terhadap lawan bicara kita. Tentunya hal ini wajar karena tidak seluruh hal kita bisa dan alangkah pantasnya jika timbul rekomendasi untuk menyelesaikan keadaan sulit ataupun linglung yang ada. Dalam bahasa Inggris sendiri, tentu saja ada beberapa metode yang bisa dijalankan untuk sebagian keadaan, misalkan meminta, memberikan, menerima, ataupun menolak suatu rekomendasi yang ada.

    Untuk cara pertama yakni memberi anjuran. Pastinya Anda pernah dimintai rekomendasi oleh lawan bicara Anda. Tentu sebaiknya Anda dapat memberikan rekomendasi terbaik tetapi tetap sopan dan tak menggurui lawan bicara. Dalam bahasa Inggris sendiri ada sebagian cara yang dapat dipakai. Umumnya diaplikasikan kata suggest pada kalimat. Untuk figur dialog suggestion ialah “I suggest you eat a banana” atau “He suggests Anto go to school”. Akan namun, Anda juga dapat mengaplikasikan kata lain. Misalkan should, ought to, atau had better. Penggunaan kata hal yang demikian juga bisa diterapkan untuk kondisi berbeda. Should dipakai secara biasa, ought to terbilang jarang, walaupun had better (subjek + ‘d better) diterapkan untuk memberikan tekanan ataupun pada opsi yang dirasa penting.

    Kecuali memberi, tentunya ada juga posisi ketika Anda diberikan suatu saran. Anda sendiri dapat memastikan untuk menerima maupun menolak saran tersebut. Untuk dua opsi hal yang demikian, pastinya memiliki respons dan ucapan yang berbeda pula. Ketika Anda suka dengan suatu anjuran dan menerimanya, Anda dapat menerapkan respon seperti “That’s a good idea. Thanks”, “Yes, you are right”, atau “That is a best one. I’ll try that”. Nah, dikala Anda menolak saran yang Anda rasa kurang layak, Anda bisa mengaplikasikan respon seperti “How about other suggestions?”, “I don’t think I can do that”, atau bisa juga “I’m not sure with that idea”.

    Itulah tadi sedikit penjelasan soal materi suggestion dan sebagian contoh dialog suggestion. Dengan banyak belajar dan berlatih, tentunya Anda akan jago berbahasa Inggris.