• Sloan Douglas posted an update 3 years, 12 months ago

    Banyak sekali umat Muslim pada Indonesia yang ingin sebagai Hafidz. Tentunya hal berikut terjadi sebab banyak orang yang sadar untuk tetap menunaikan syariat Islam dan bertafakur secara elok dan pula karena menghafal Alquran merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan pada dalamnya.
    Pondok Tahfidz Magelang ini seorang diri dilakukan sambil banyak orang, sedari yang mendalam hingga anak-anak. Melihat itu, maka tidak heran bila saat ini siap ditemui penuh tempat belajar untuk menghafal Alquran. Nah, salah satu tempat yang dapat dipilih adalah Pondok Tahfidz Darul Mujahidin.

    Pondok Madrasah Darul Mujahidin sendiri terletak di Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Magelang. Pesantren pesantren berikut berada di bawah panji-panji Muhammadiyah. Rumah pesantren ini tidak roboh dari jasa KH. Ahmad Syadzali. Beliau adalah salah satu pejuang yang mengusir penjajah di daerah Jawa Sentral dan Yogyakarta. Beliau otonom adalah sesi dari Laskar Hizbullah. Saat beliau uzur 84, sira mewakafkan diri kepada Muhammadiyah. Beliau seorang diri menginisiasi penyusunan Pondok Pondok Darul Mujahidin. Nama Darul Mujahidin seorang diri diberikan sebab Ketua Bimbingan Pusat Muhammadiyah, Bapak K. H Ahmad Azhar Basyir.

    Pondok Tahfidz Darul Mujahidin ini seorang diri menyediakan dua jenis program pendidikan. Yang pertama merupakan MTs Darul Mujahidin. MTs sendiri adalah jenjang pendidikan formal setara dengan SMP yang dikelola oleh Bagian Agama. MTs Darul Mujahidin mengacu dalam kurikulum Diknas dan juga kurikulum madrasah. Sehingga, siswa yang mendaftar ke kian akan mencari ilmu tentang Adab dan Akhlaq, Alquran, Kode Arab, & pemahaman Kecakapan Syar’i tanpa menyampingkan kompetensi umum diantaranya IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan yang lain. Para siswa akan menumpang di pondok selama 3 tahun. Harapannya, para santri tersebut bisa menghafal Alquran, mahir bercakap-cakap Arab secara lisan dan tulisan, getol beribadah, bersama berakhlak klasik. Fasilitas yang didapatkan sempang lain ialah asrama, 2 masjid terang, ruang famili, laboratorium, menjarah 3 kolam sehari, pelatih yang berilmu, lapangan, inti kegiatan santri dan unik sebagainya.

    Kemudian program pendidikan selanjutnya ialah Rumah Tahfidz. Pendidikan yang satu ini lebih berniat untuk melatih orang semoga bisa menduga Alquran setara dengan sistem Tahsin & juga siap menghafal Kitab alquran. Untuk agenda Tahfidz Kitab alquran sendiri, incaran muridnya pun beragam. Sedari yang anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tiap murid mau belajar tengah tiga tahun tanpa pantas mondok di pesantren, sedari belajar mencerap Alquran beserta belajar kapasitas dasar Tahsin. Jika tutup dirasa unggul, akan dilanjutkan dengan program menghafal Kitab alquran. Untuk beker pembelajarannya sendiri selama wahid setengah weker dan siap memilih waktunya, entah ini pagi, bersih, ataupun magrib. Harapannya, para murid siap membaca Alquran secara lancar, menguasai kecakapan Tahsin & Tajwid, dan mampu menghafal Alquran minimal 5 juz selama 1 tahun.

    Nah itulah tadinya sedikit taklimat tentang Panti Tahfidz Darul Mujahidin. Tentunya, dengan menuntut ilmu di Darul Mujahidin, harapannya akan semakin banyak Hafidz di Indonesia.